Thursday, July 10, 2008

Seri budaya : Batik Trusmi Cirebon

Kain yang satu ini manjadi perbincangan hangat-hangat kuku dikarenakan adanya perebutan HAKI antara indonesia dan malaysia. malaysia sudah mendaftarkan batik menjadi salah satu trademark mereka. Miris seh kalo denger beritanya seperti itu, paling enak yang menyalahkan pemerintah kita kurang sigap bertindak mendaftarkan batik sebagai identtitas bangsa Indonesia akhirnya keduluan dech sama malingsia.Atau dikarenakan banyaknya TKI yang negeri Jiran sono, secara sesuai kebiasaan dan adat kalo kondangan mesti pake batik, karena kebanyakan yang pakai orang malaysia terkesima, batik kok indah ya? ya akhirnya mereka mengaku-ngaku dech. Ya sudah nasi udah menjadi bubur, tinggal ngasih tambah rempah-rempah, gula merah dan sebagiainya khan makin enak tuh heheheh.kalo mereka lebih cepet mendaftarkan, yang jago buat khan kita mereka emang bisa buat..? pake mesin pastinya.hee.....made by hand lebih orisinail Cik..dancik :P.sedikit sebagai tambahan referensi kayak jaman sekolah dulu pasti diawali dengan pengertian or definisi. berikut disampaikan hasil comotan dari wikimedia :
Batik (atau kata Batik) berasal dari bahasa Jawa "amba" yang berarti menulis dan "titik". Kata batik merujuk pada kain dengan corak yang dihasilkan oleh bahan "malam" (wax) yang diaplikasikan ke atas kain, sehingga menahan masuknya bahan pewarna (dye), atau dalam Bahasa Inggrisnya "wax-resist dyeing".

Berikut setelah ngalor-ngidul didunia mbak maya akhirnya dapat motif batik ala Cirebon-an. pertama seh gue denger batik motif mega mendung dari saudara ak*z temen seatap, saya lihat bagus juga neh batik, pengan ah pesen satu tapi yang warnanya laen jangan sampai sama lah nanti kalo pake barengan dikirain seragam anak panti asuhan mana neh..hihihi oke brother and sister bawa cek nya keluar (baca : check this out).

1. Motif batik kembang JBs














2. Kembang Elpi
















3. Mega Mendung


to be continued......


sometimes a question more powerfull than answer

No comments: